SELAMAT DATANG DAN TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA........MAMPIR LAGI YA UNTUK BELAJAR.....SEMANGAT !!!

Rabu, 09 Juni 2010

IMUNITAS

Imunitas atau pertahanan tubuh terbagi menjadi 2 macam yaitu :
a. Pertahanan tidak spesifik :
- pertahanan lapis pertama (kulit, membran mukus)
- pertahanan lapis kedua (sel darah putih,protei antimikroba.
b. Pertahana spesifik : pertahanan lapis keiga (limfosit, antibodi)

Limfosit

- Terdapat dua tipe limfosit yaitu limfosit B dan T
- Sel-sel limfosit B diakifkan oleh cytokine dan daerah pengikat antibodi
Antibodi

- Sering disebut juga molekul Immunoglobin
- Terdapat 5 macam immunoglobin:
a. IgG : menetralkan racun dan virus, melindungi fetus dan bayi yang baru lahir
b. IgM : antibodi debagai respon dari infeksi
c. IgA : anibodi yang melindungi permukaan mukosal
d. IgD : anibodi sebagai sebagai inisiasi respon
e. IgE : antibodi sebagai reaksi dari alergi
selengkapnya baca di id.wikipedia.org/wiki/Imunitas

Sabtu, 05 Juni 2010

LATIHAN ULUM BIO XI.IPA

1. Apa fungsi vitamin A,B,C dan D ?
2. Jelaskan alat-bahan dan cara untuk uji makanan
3. Sebutkan dan tunjukkan dengan gambar alat pencernaan dan pernafasan !
4. Bagaimana perbedaan mekanisme pernafasan dada dan pernafasan perut ?
5. Jelaskan macam-macam volume udara dan tunjukkan pada grafik !
6. Bagaimana proses pernafasan pada ikan dan burung ?
7. Proses apa yang terjadi pada hati sehingga disebut organ ekskresi ?
8. Jelaskan proses pembentukan urine dengan menunjukkan letaknya pada gambar !
9. Apa fungsi kulit dan jelaskan bagian-bagiannya pada gambar ?
10. Faktor apa saja yang mempengaruhi banyaknya urine ?
11. Jelaskan alat ekskersi pada hewan (cacing, belalang)
12. Tunjukkan dengan gambar struktur sel saraf dan urutan penghantaran impuls !
13. Otak terdairi dari serebrum, serebellum, dan macam lobus. Tunjukkan pada gambar dan jelaskan fungsinya masing-masing !
14. Sebutkan dan tunjukkan pada gambar struktur mata,telinga, serta bagaimana mekanisme malihat dan mendengar ?
15.Tunjukkan dengan gambar letak macam-macam pengecap rasa pada lidah !
16. Bagaimana fungsi hormon insulin dan adrenalin ?
17. Tunjukkan pada gambar testis dan epididimis, apa fungsinya masing-masing ?
18. Sebutkan struktur alat reproduksi wanita disertai gambar dan jelaskan urutan masuknya ovum sampai terjadi pembuahan dan embrio !
19. Disebut imunitas apakah yang melibatkan antibodi ? dan antibodi apa yang berperan pada alergi dan ketidakcocokan rhesus ?
20. Melalui apa dapat diperoleh kekebalan terhadap penyakit cacar ?

Kemukakan komentar Anda berupa jawaban soal-soal di atas,terutama soal yang menurut Anda paling sulit sebagai bahan sharing. Jangan lupa tulis nama Anda di bawah dengan kelas dan sekolahnya. Ok ! DITUNGGU!

Untuk soal nomor 19 dan 20 dapat Anda baca dulu di mading ini dengan mengklik e-book di belajar biologi yuuk....tentang Imunitas dan apabila ingin melihat animasinya silahkan cari di Bio-animasi. SELAMAT BELAJAR !

Selasa, 01 Juni 2010

SECUIL KISAH KANTIL YANG HAMIL

Materi Pelajaran tentang Reproduksi pada Manusia, merupakan materi yang ditunggu-tunggu oleh siswa kelas XI.IPA. Mengapa ? padahal ketika di SMP juga sudah disampaikan, tetapi baru pengenalan sebatas alat reproduksi. Mungkin inilah yang membuat mereka penasaran, tetapi memang materi ini sangat perlu disampaikan bahkan sejak dini yaitu usia TK dengan mengenalkan adanya laki-laki dan perempuan serta perbedaannya. Tidak sebatas di sekolah secara formal, di masyarakat pun diberikan pendidikan seks.
Hal ini dilakukan sehubungan dengan merebaknya kasus-kasus seputar reproduksi ini yang awalnya dianggap mungkin hanya main-main tetapi mereka tidak menyadari bisa menjadi pederitaan seumur hidup, bukan untuk dirinya sendiri juga berakibat pada keluarganya. Berikut sebuah kisah nyata dari Wonogiri yang sebetulnya banyak di daerah lainnya juga.
Di salah satu SLTA dikabarkan ada seorang siswi yang melahirkan seorang bayi. Kelahiran itu, terjadi sehari setelah orangtua siswi yang bernama Kantil, (bukan nama sebenarnya) yang masih duduk di kelas X menyampaikan surat pengundurkan diri. Kabar tersebut, menambah deretan kabar buruk tentang pelajar mulai tingkat SD hingga SLTA yang terjerat permainan seks bebas cukup memprihatinkan di kalangan pendidik.
Pihak pengelola sekolah, khususnya panitia pendaftaran peserta didik (PPD) diharapkan lebih teliti sehingga tidak kecolongan. Sementara orangtua siswa diminta melakukan pengawasan secara ketat terhadap anaknya dan mau bersikap jujur atas kondisi anaknya saat mendaftar. Sebab jika terjadi peristiwa seks bebas, yang selalu menjadi perguncingan adalah tempat sekolah pelajar tersebut.
Pernyataan bernada harapan itu disampaikan Kabid SMP/SMA Disdik Wonogiri, Suwartono, Jumat (19/2). “Kami belum mendapatkan laporan dan yang lebih tahu pengelola sekolah. Tapi kami berharap PPD TA 2010/2011, pengelola sekolah ataupun panitia bisa membuat kebijakan yang tidak merugikan pihak sekolah, apalagi RSBI. Kasus itu menjadi pelajaran dan jangan sampai kecolongan untuk kali kedua,” ujarnya.
Sementara itu, informasi yang diperoleh Espos dari lingkungan sekolah, menyatakan kalau Kantil Selasa (16/2) malam dikabarkan melahirkan bayi berjenis kelamin laki-laki. Para siswa yang enggan disebutkan namanya mengatakan, hari Senin Kantil masih masuk sekolah, tetapi tidak sampai selesai karena pamit sakit. “Siang, Kantil izin pulang karena perut sakit,” ujar teman Kantil. Namun, ujarnya, esok harinya tidak masuk lagi dan mendapat kabar kalau melahirkan. Dia mengaku tidak tahu, kalau Kantil selama ini hamil karena postur tubuhnya gemuk atau bongsor.
Selain, siswa kondisi tubuh Kantil juga tidak diketahui oleh guru-guru di SLTA tersebut.Wakasek Humas sekolah tempat Kantil belajar, Sentot saat dimintai konfirmasi membenarkan kalau siswanya asal Jatisrono itu sudah mengundurkan diri. “Senin (15/2), orangtua Kantil datang ke sekolah menyerahkan surat pengunduran diri anaknya. Kami pun bertanya-tanya dan melakukan investigasi, ternyata kemunduran diri Kantil dikarenakan ada masalah pribadi sehingga pihak sekolah tidak bisa melarang.” (dikutip dari Wonogiri –Espos)
Mungkin ada sebagian orang yang menganggap kisah ini biasa-biasa saja tidak mengagetkan. Mengapa ? Itulah respon masyarakat yang sudah terlalu sering mendengar dan melihat kasus ini, sehingga merasa biasa-siasa saja. Bagaimana dengan Anda ? Kemukakan pendapat Anda dengan buki-bukti yang meyakinkan ?
Kasus ini diangkat terutama untuk mengetahui respon anak- anak muda sekarang terutama usia sekolah. Apakah kasus ini bisa dihilangkan ? Apa yang bisa Anda upayakan ? Kemukakan argumentasinya secara ilmiah dengan pengetahuan Anda tentang reproduksi juga dari segi agama !